Rabu, 13 Maret 2013

Menyingkap Rahasia wudhu

Keistimewaan wudhu’ dalam tinjauan medis:

* Wudhu’ tidak hanya membersihkan organ-organ tubuh bagian luar beberapa waktu dalam sehari sebelum sholat. Pengaruh psikologi dan spiritual dirasakan lebih dalam oleh seorang muslim setelah wudhu’, terutama sekali ketika wudhu’ tersebut dilakukan secara sempurna. Wudhu’ juga berperan penting dalam kehidupan seorang muslim, karena dengan wudhu’ akan menjaga mereka selalu dalam keadaan suci, sebagaimana sabda Rasululloh SAW di atas (Shahih HR. Muslim, I:148 danlainnya).

* Proses pembersihan (membasuh) organ-organ yang biasanya tidak terlindung dari debu sudah pasti mempunyai arti yang besar bagi kesehatan secara umum. Bagian tubuh yang terpapar sepanjang hari, tidak terhindar dari sejumlah besar mikroba dalam hitungan jutaan per sentimeter kubik udara. Mikroba ini melakukan serangan terus menerus melawan tubuh manusia pada area kulit yang terpapar. Dengan wudhu’, mikrobadapat terangkat oleh usapan yang mengejutkan di permukaan kulit, terutama jika disertai pijatan yang sempurna dan menuang air secukupnya, seperti tuntunan Rasululloh SAW. Bila proses tersebutdiikuti dengan benar, maka tidak ada kotoran atau kuman yang tertinggal di tubuh kecuali apa yang telah Alloh tetapkan.

* Berkumur dengan mulut. Ilmu pengetahuan modern telah membuktikan bahwa berkumur bisa melindungi mulut dan kerongkongan/tenggorokan dari inflamasi, dan juga gusi bernanah (pyorrhea). Selain itu juga dapat melindungi dan membersihkan gigi, yakni dapat mengeluarkan sisa makanan yang tertinggal di gigi.

* Menghirup air melalui hidung. Membasuh dan membersihkan hidung sangat membantu dalam menjaga agar lubang hidung bersih dan bebas dari inflamasi dan kuman, dengan demikian akan mencerminkan kondisi kesehatan tubuh yang baik secara keseluruhan.

* Membasuh wajah dan kedua tangan. Membasuh wajah dan keduatangan hingga siku mempunyai manfaat besar dalam mengangkat debu dan mikroba maupun keringat dari permukaan kulit. Selain itu juga membersihkan kulit dari substansi berlemak yang disekresikan kelenjar kulit, kondisi ini biasanya menjadi tempat yang sangat cocok untuk perkembangbiakan dan makanan kuman.

* Membasuh kedua kaki. Membasuh kaki dengan pijatan menimbulkan perasaan tenang dan puas yang meliputi seorang muslim setelah wudhu’.

* Rahasia-rahasia lain dari wudhu’. Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa sirkulasi darahpada lengan tangan bagian atas hingga lengan bagian bawah, dan pada lengan kaki bagian bawah hingga posisi kaki lebih rendah dibandingkan organ-organ lainnya, sekelililng badan hingga pusat regulasi darah, yakni jantung. Jadi, membasuh kedua lengan tersebut dengan pijatan setiap kali wudhu’ membantu memperkuat sirkulasi darah di bagian ini, dengan demikian menambah vitalitas dan aktivitas tubuh.

Ilmu pengetahuan juga telah membuktikan efek dari sinar matahari, terutama sinar UV yang bisa menyebabkan kanker kulit. Efekini dapat diturunkan sangat baik dengan berwudhu’, yakni terus menerus membasahi permukaan kulit dengan air, terutama sekali organ-organ yang terpapar sinar matahari. Ini membantu melindungi permukaan dan lapisan internal sel kulit dari pengaruh berbahaya sinar matahari.

Keistimewaan wudhu’ dalam tinjauan agama :

· Ahmad Dari Abu Hurairah Radliyallahu Anhu ia berkata telah bersabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam :” maukah aku tunjukkan kepada kalian beberpa hal yang dengan itu Allah kan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajat kalian?”. “Mau ya Rasulallah”. Ujar mereka.Sabda beliau:”Yaitu menyempurnakan wudhu’ ketika dalam keadaan sulit(3), sering melangkah menuju ke mesjid dan menunggu sholat setelah selesai mengerjakan Sholat(4), yang demikian itu adalah perjuangan (ribath)(5), perjuangan, perjuangan”. (Shahih HR. Muslim, I:151 dan lainnya, Lihat Mukhtashar Muslim, no 133.)

Dari Abu Hurairah Radliyallahu ‘Anhu bahwasannya Rasulallah Shallallahu ‘Alahi wa Sallam bersabda:”Apabila seorang hambamuslim berwudhu’, lalu ia mencuciwajahnya, maka akan keluar dari wajahnya setiap dosa yang ia pernah melihat(yang haram) dengan matanya bersama dengan air atau bersama dengan tetesan yang terakhir. Bila ia mencuci keduatangannya, keluar dari tangannya setiap dosa yang pernah dilakukan oleh tangannya bersamaan dengan air atau tetesan air yang treakhir. Dan bila ia mencuci kedua kakinya, akan keluar dosa-dosa yang dilakukan oleh kedua kakinya bersamaan dengan air atau barsamaan dengan tetesan air yangterakhir, hingga ia keluar dalam keadan bersih dari dosa” (Shahih HR. Muslim, I:148 dan lainnya).

Dari Abu Hurairah Radliyallahu ‘Anhu bahwasannya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa sallam ketika datang ke pemakaman beliau mengucapkan “Assalamu’alaikum daar qaumi mu’minin. Wa Insya Allah bikum ‘an qariibin laa hiquun”(Kesejahteraan kepada kamu wahai penghuni perkampungan kaum mu’minin, dan insya Allah tidak lama lagi kami akan menyusul kamu). Alangkah inginnya hatiku ketika hendak melihat saudara- saudaraku!. Para shahabat berkata:” Bukankah kamiini saudara-saudara engkau ya Rasulullah?” Sabda beliau :” Kalian ini para shahabatku, adapun saudara-saudaraku adalah orang yang belum muncul”. Mereka bertanya:”Bagaimana engkau dapat mengetahui keadaan umat yang belum muncul itu ya Rasulullah?” Jawab beliau :” bagaimana pendapat kalian bila umpamanya seseorang mempunyai kuda berwarna putih cemerlang yang pada dahi dan kakinya yang berada ditengah-tengah kuda yang berwarna hitam pekat, tidakkah ia dapat mengenali kuda itu.?”. Dapatya Rasulullah”. Ujar mereka. Kata Beliau “Demikianlah halnya mereka itu, mereka datang dalam keadaan putih cemerlang bertanda dengan wudhu’ sedangkanaku menjadi perintis mereka menuju telaga. Ketahuilah sesungguhnya ada beberapa orang yang ditolak masuk telaga seperti onta sesat yang diusir, aku menyeru mereka: mari ke sini”. Lalu dikatakan:”Sesungguhnya mereka itu adalah orang-orang yang menyelewang sepeninggalmu, maka aku katakan (kalau begitu) celaka, celaka mereka” ( Shahih HR. Muslim,1:150).

Alloh SWT berfirman: Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak melaksanakan sholat maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai siku, dan usaplah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai kedua mata kaki. jika kamu junub maka mandilah… (QS. Al-Maidah:6).

1 komentar:

  1. Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini. barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan. Beberapa waktu yang lalu perusaan percetakan saya dirundung hutang yang cukup besar. Hal itu di akibatkan melonjaknya harga kertas dan tenaga upah yang harus saya bayar kepada para karyawan saya. Sementara itu beberapa tender yang nilainya cukup besar gagal saya menangkan. Akibatnya saya harus menjaminkan mobil saya saya untuk meminjam hutang dari bank. Namun hal itu belum cukup menutup devisit perusaan. Bahkan pada akhirnya rumah beserta isinya sempat saya jaminkan pula untuk menutup semua beban hutang yang sedang dilanda perusaan. Masalah yang begitu berat bukan mendapat support dari istri justru malah membuat saya bersedih bahkan sikapnya sesekali menunjukan rasa kecewa. Hal itu di sebabkan semua perhiasan yang sempat saya hadiahkan padanya turut saya gadikan. Disaat itulah saya sempat membaca beberapa situs yang bercerita tentang solusi pesugihan putih tanpa tumbal dan akhirnya saya bertemu dengan Kyai Sukmo Joyo. Kata pak Kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 5milyar dengan tumbal hewan. Tanpa pikir panjang semua petunjuk pak.kyai saya ikuti dan hanya 1 hari. Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Perhiasan istri saya yang sempat saya gadaikan kini saya ganti dengan yang lebih bagus dan lebih mahal harganya. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Jika ingin seperti saya. Saya menyarankan untuk menghubungi kyai sukmo joyo di 0823.9998.5954 situsnya www.sukmo-joyo.blogspot.co.id agar di berikan arahan

    BalasHapus